15 Makanan Yang Sering Ada Di Drama Korea

7051

8.Galbi

Galbi

Galbi berbahan dasar daging iga sapi, babi, atau ayam yang dibakar di atas api. Daging iga sebelumnya dibumbui dengan kecap, potongan bawang putih, dan gula.

Galbi merupakan makanan favorit orang Korea dan biasanya dimakan dengan cara membungkus daging galbi yang sudah matang dengan daun selada atau daun perilla, lalu dicelupkan ke ssamjang (saus khusus yang terbuat dari doenjang, gochujang, minyak wijen, bawang putih, bawang merah, dan bawang bombai).

7.Jjambong

Jjampong

Jjambong adalah mie pedas khas Korea dengan berbagai macam sayuran dan seafood di dalamnya, seperti kerang, cumi-cumi, dan udang. Biasanya, jjambong (yang juga merupakan makanan yang diadaptasi dari Tiongkok) dimakan bersama dengan jjajangmyeon. Jjajangmyeon yang cenderung kental dengan jjambong yang berkuah pedas merupakan pasangan yang serasi dan nikmat untuk dicoba.

6.Bibimbap

Bibimbap

Bibimbap merupakan salah satu masakan sehat karena terbuat dari nasi hangat yang di atasnya diberi berbagai jenis sayuran yang sudah dibumbui dan ditambahkan gochujang (saus cabai merah), telur mata sapi setengah matang, dan irisan daging sapi. Cara memakan bibimbap adalah dengan mencampur semua bahan terlebih dahulu kemudian memakannya.

5.Jjajangmyeon

Jjajangmyeon

Jjajangmyeon sebenarnya berasal dari masakan Tionghoa, akan tetapi orang Korea mengubah masakan ini menjadi masakan yang sangat berbeda. Kuah jjajangmyeon berwarna hitam kental (menggunakan saus chunjang yang terbuat dari kacang kedelai hitam) dengan potongan daging babi, sayuran, dan terkadang seafood.

Jjajangmyeon menjadi salah satu makanan wajib orang Korea, karena mereka memakannya paling tidak seminggu sekali dan biasanya mereka memiliki restoran jjajangmyeon langganan.

4. Kimchi Jjigae

Kimchi Jjigae

Orang Korea sangat menyukai kimchi dan sering kali memasukkan kimchi ke berbagai masakan mereka, salah satunya adalah kimchi jjigae. Kimchi jjigae adalah rebusan kimchi (biasanya menggunakan kimchi sawi yang sebelumnya ditumis terlebih dahulu) dengan campuran bihun putih, tahu, daging tuna (atau babi), dan sayuran. Rasa kimchi jjigae merupakan kombinasi rasa asam dan pedas yang segar.

3.Miyeok Guk

Miyeok Guk

Miyeokguk merupakan guk yang bahan utamanya miyeok, (rumput laut coklat; Undaria pinnatifida). Kuahnya terbuat dari kaldu tulang sapi dan kecap. Menurut tradisi, orang Korea menyajikan sup rumput laut kepada ibu yang baru melahirkan karena dipercaya miyeok dapat memperbanyak ASI karena memiliki kandungan kalsium dan iodin yang tinggi, yang penting bagi kelancaran ASI. Umumnya, ibu hamil juga mengkonsumsi ini selama masa kehamilan. Selain itu, makan sup miyeok juga dilakukan pada hari ulang tahun. Karena untuk mengingatkan pada makanan pertama yang ibu mereka makan, yang juga berarti mereka konsumsi secara tidak langsung melalui ASI yang diberikan. Selain itu, bagi masyarakat Korea tradisi minum sup rumput laut saat ulang tahun ini dipercaya akan membawa keberuntungan selama setahun kedepan. Biasanya, sup ini dibuat dengan merendam rumput laut kering dalam air hingga lunak kemudian memasukkannya ke dalam air kaldu sapi atau ikan. Setelah itu sup dibumbui dengan kecap atau garam dan juga minyak wijen serta ditambah bawang putih sebagai pelengkapnya.

2.Kimchi

Kimchi

Kimchi atau yang disebut juga sebagai Kimchee adalah masakan khas Korea yang berbahan dasar sayuran yang difermentasi dengan beragam bumbu dan umumnya memiliki rasa pedas dan asam. Biasanya, jenis aayuran yang dibuat kimchi adalah sawi, lobak, atau mentimun. Sementara bumbu yang digunakan adalah cabe, jahe, bawang bombai, bawang putih, pasta udang, dan tak lupa juga saus ikan. Pada umumnya, kimchi selalu dibuat dalam jumlah besar sekaligus karena makanan ini bisa t********* apabila disimpan dengan baik. Di Korea, kimchi banyak dijual dalam kemasan. Sementara untuk penyajiannya, biasanya kimchi dipotong dan disajikan secara langsung sebagai lauk atau bisa juga digunakan sebagai bahan makanan Korea lain seperti kimchi stew atau yang disebut kimchi jjigae, sup kimchi (kimchiguk), pancake kimchi (kimchijeon) dan nasi goreng kimchi atau yang disebut kimchi bokkeumbap. Sebenarnya, kimchi juga merupakan salah satu masakan yang sangat populer dan sudah menjadi masakan nasional Korea, bukan hanya sekedar masakan tradisional daerah. Pasalnya, kimchi telah menjadi bagian terpenting dalam kuliner dan kebudayaan warga Korea yang tak dapat dipisahkan.

1.Ramyeon atau Ramen versi Korea

Ramyeon

Ramen atau ramyeon merupakan mie instan. Sekilas memang terlihat seperti ramen Jepang, sebab ini adalah mie ramen versi Korea. Sebetulnya, tak hanya orang Indonesia saja yang hobi makan mie instan, ternyata orang Korea juga gemar menyantapnya. Bisa dipastikan bahwa, hampir di setiap drama Korea pasti ada adegan makan ramen atau ramyeon, dan biasa disajikan langsung bersama pancinya yang dimakan dengan menggunakan tutupnya atau bahkan memakannya langsung dari panci yang berisi ramyeon. Penyajiannya dan cara makannya juga tak jauh berbeda seperti di Indonesia, bisa dimasak biasa atau dengan ditambah bahan lain seperti sayuran, telur dan daging. Selain itu, mie instan di Korea umumnya memiliki rasa pedas, dengan kuah yang terlihat lebih kental dan mie yang terlihat lebih besar, kenyal, dan nikmat jika dibanding dengan produk-produk mi instan yang ada di dalam negeri.