Negara yang Menerapkan Full Day School atau Sekolah Sehari Penuh di Sistem Pendidikanya

1814

Wacana penerapan sistem sekolah sehari penuh yang dicetuskan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy menuai pro kontra di media sosial karena dinilai memiliki bias perspektif kota dan membebani anak-anak.

Dalam keterangan pers, kementerian pendidikan mengatakan ide ini muncul untuk memenuhi pendidikan karakter di sekolah, yang idealnya menurut Presiden Jokowi, diberikan sebanyak 80% (dari total kegiatan belajar mengajar) di tingkat sekolah dasar, dan 60% di tingkat sekolah menengah pertama.

Mendikbud mengatakan, sistem sekolah sehari penuh (full day school – FDS) tidak melulu soal belajar di dalam kelas tetapi juga “dapat mengikuti kegiatan-kegiatan penanaman pendidikan karakter, seperti mengikuti kegiatan ekstrakurikuler.”

Ya, baru-baru ini Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Efendy menerapkan peraturan baru dengan satu harian bersekolah atau full day school. Hal ini dilakukannya bertujuan untuk mengurangi kegiatan menyimpang yang biasa dilakukan anak-anak sepulang sekolah.

Meski tujuannya baik, namun penerapan sistem ful day school ini mengundang pro dan kontra di kalangan orangtua. Banyak orangtua berpendapat bahwa full day school justru akan membuat anak-anak lebih tertekan dan hal ini bisa berdampak buruk bagi psikis anak.

Tapi siapa sangka, penerapan full day school ini sudah diterapkan oleh beberapa negara maju. Bahkan ada salah satu diantaranya yang harus pulang hingga larut malam. Negara apa sajakah itu? Berikut daftar negara yang menerapkan sistem Full Day School atau Sekolah Sehari Penuh :

7. Daftar negara yang menerapkan Full Day School atau Sekolah Sehari Penuh Singapura

Negara yang Menerapkan Full Day School atau Sekolah Sehari Penuhr

Daftar negara yang menerapkan sistem Full Day School ialah Singapura. Di negara ini, anak SD bersekolah mulai pukul 07.30 sampai 13.00. Sementara untuk anak SMP dan SMA, mereka masuk pukul 07.30 dan pulang pukul 16.00. Bahkan mereka bisa pulang hingga pukul 18.00 jika ada kegiatan ekstrakulikuler.

6. Daftar negara yang menerapkan Full Day School atau Sekolah Sehari Penuh Taiwan

Negara yang Menerapkan Full Day School atau Sekolah Sehari Penuh taiwan

Daftar negara yang menerapkan Full Day School Di Taiwan, anak SD mulai bersekolah pukul 08.00 sampai 15.30. Sedangkan anak SMP pulangnya pukul 17.00. Dan anak SMA harus pulang lebih lama atau tepatnya pada pukul 19.50 karena mereka harus mengikuti kelas tambahan.

5. Daftar negara yang menerapkan Full Day School atau Sekolah Sehari Penuh Amerika Serikat

Negara yang Menerapkan Full Day School atau Sekolah Sehari Penuh amerika

Daftar negara yang menerapkan Full Day School inggris Pendidikan di Negeri Paman Sam ini dimulai dari SD yang masuk pukul 08.40 sampai 15.15. Kemudian anak SMP mulai pukul 07.50 sampai 14.50. Dan untuk anak SMA, mereka mulai masuk pukul 08.15 dan pulang pukul 15.15.

Halaman Selanjutnya >>